Sabtu, 27 Desember 2014

Proses Pembuatan Roda Gigi dari Kayu

Alat dan Bahan:
1.   Kayu/benda kerja, merupakan bahan utama pembuatan roda gigi.
2.   Mesin bubut, untuk melakukan proses pembubutan. 
3.   Mesin frais, untuk membuat gigi pada benda kerja.
4.   Mesin bor, untuk melakukan proses pengeboran pada benda kerja.
5.   Ragum berfungsi untuk memegang benda kerja saat di tap.
6.   Gergaji kayu, berfungsi untuk memotong kayu/ benda kerja.
7.   Penggaris, berfungsi untuk mengukur benda kerja.
8.   Jangka Sorong mengukur panjang dan diameter benda kerja.
9.   Besi As, berfungsi untuk menyanggak benda kerja pada saat di bubut dan di frais
10. Kikir, berfungsi untuk merapikan sela-sela gigi pada benda kerja
11. Kacamata, berfungsi untuk melindungi mata dari geram-geram hasil pemotongan 
12. Amplas, berfungsi untuk menghaluskan benda kerja.
13. Sarung tangan, berfungsi untuk melindungi tangan dari serpihan geram.
14. Kuas, membersihkan geram-geram hasil pemotongan yang jatuh pada bagian mesin.
15. Kunci Chuck, berfungsi untuk mengunci benda kerja pad cekam/chuck.
16. Kunci pas-ring 8mm dan 10mm, berfungsi untuk mengunci tool post/ rumah pahat.
17. Mesin bubut, berfungsi untuk melakukan proses pembubutan.
18. Pahat, berfungsi untuk memotong benda kerja. 
19. Mata bor diameter 10mm, berfungsi untuk membuat lubang pada benda  kerja.
20. Plat besitipis, berfungsi untuk menyenterkan pahat pada benda kerja apabila   pahat kurang tinggi.

Proses Kerja:

Siapkan alat-alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuat roda gigi. Ukurlah benda kerja menggunakan penggaris dengan panjang 100 mm dan lebar 120 mm dan tandai menggunakan spidol. Potonglah kayu yang telah ditandai menggunakan gergaji kayu, usahakan potong habis kayu yang telah ditandai jangan patahkan menggunakan tangan karna akan mengakibatkan beda kerja yangtidak rapi. Setelah di potong tandai pusat benda kerja dan tandai menggunakan spidol hal ini berfungsi untuk mempermudah proses pengeboran.



Gambar  benda kerja setelah dipotong

Proses selanjutnya adalah proses pengeboran. Letakkan benda kerja yang telah dipotong dan ditandai pada ragum mesin bor dan kencangkan ragum. Arahkan mata bor pada pusat benda yang telah ditandai menggunakan spidol. Arahan mata bor menggunakan eretan dan pastikan ujung mata bor simetris dengan titik pusat bedna yang telah ditandai. Apabila telah simetris nyalakan mesin bor dan bor benda kerja hingga tembus. Lepaskan benda kerja dari ragum.

Gambar benda kerja setelah di bor

Setelah dibor pasang benda kerja pada as melalui lubang hasil mengeboran dan kencangkan menggunakan kunci pas. Letakkan as pada cekam dan kencangkan menggunakan kunci chuck dan pastikan as terpasangan rata dan tidak miring saat mesin dijalankan.

Pasang pahat pada rumah pahat dan posisikan pahat pada senter. Apabila pahat tidak senter tambahkan plat-plat besi tipis untuk meningkatkan ketinggian pahat. Pastikan pahat yang digunakan tajam.

Nyalakan mesin bubut dan bubut lurus bagian pinggir benda untuk mengurangi diameter benda kerja. Bubut menggunakan eretan atas agar hasilnya lebih teliti dan bubut hingga diameternya berukuran 60 mm. Untuk mengecilkan benda kerja agar pemakanan panjang benda kerja kita dapat memotong benda kerja menggunakan gergaji dengan ukuran panjang 43 mm. 3 mm digunakan untuk finishing agar kedua sisi benda kerja rapi sehingga panjang akhir benda kerja mencapai 40 mm.



Gambar Benda kerja setelah di bubut lurus

Setelah benda kerja berdiameter 60 mm dan panjang 40 mm lanjutkan ke proses pengefraisan untuk membuat gigi Hal yang pertama kita lakukan adalah mengitung poros cacing yang akan di pakai untuk membuat beberapa gigi pada praktikum gigi yang dibuat berjumalh 18 mm. Berikut merupakan cara perhitungan jumlah poros cacing:








Keterangan:
n   = putaran poros cacing
N = karakteristik kepala pembagi 
Z = jumlah alur atau gigi yang akan dibuat .
Dari perhitungan tersebut diperoleh putaran poros cacaingnya menggunakan kepala pembagi dengan jumlah 54 denga putaran poros cacing 2 kali ditambah 12 lubang.

Letakkan benda kerja pada as dan kencangkan menggunakan kunci pas. Kemudian letakkan as pada cekam mesin frais dan kencangkan cekam menggunakan mesin chuck. Atur ketinggian pisau pemotong hingga mencapain kedalaman 2.5 mm. Nyalakan mesin frais dan menjukan benda kerja menggunakan eretan hingga pisau memotong benda kerja dari depan sampai belakang. Setalah di potong bagian sampat belakang putar poroscacing sebanyak 2 kali ditambah 12 lubang. Lakukan berulang-ulang hingga terbentuk 18 gigi. Lepaskan benda kerja dari cekam dan as.
Proses terakhir adalah proses finishing yaitu dengan mengamplas dan mengkikir benda kerja agar lebih halus dan rapi.




Gambar Benda Kerja setelah di frais

Gambar 3D roda gigi

Beasiswa

Ini adalah cerita saya. Beberapa bulan yang lalu. Melalui cerita ini saya ingin berbagi pengalaman kepada para pembaca semua.

Nama saya Rizqi Hardiansyah saya lahir pada tanggal 29 September 1996, saya adalah seorang anak bungsu yang terlahir dari keluarga yang sederhana. Ayah saya bernama Said Muhammad yang lahir pada tanggal 15 Juli 1950, beliau  bekerja sebagai wiraswasta dan Ibu saya bernama Sumiyati yang lahir pada tanggal 25 juni 1958 yang sehari-hari sebagai Ibu rumah tangga. Saya memilki 5 orang kakak dengan 2 kakaklaki-laki dan 3 kakak perempuan. Mereka semua adalah orang-orang yang sangat penting dalam kehidupan saya. 

Sejak lama saya bercita-cita untuk menjadi seorang dokter dan tentunya orang sukses, karena bagi saya bekerja sebagai dokter merupakan salah satu pekerjaan yang sangat mulia. Dengan menjadi dokter kita bisa membantu orang yang sakit dan membuat keluarga orang yang sakit tersenyum dengan kesembuhan keluarganya. Namun pernyataan yang mengatakan bahwa “Hidup memang tak selamanya sejalan dengan apa yang kita ingin” memang benar. Saya merupakan orang yang tak suka menyusahkan orang tua jadi saya pun merubah keinginan saya untuk menjadi dokter karna saya berpikir untuk menjadi dokter membutuhkan biaya yang sangat besar dan tentunya akan menyusahkan orang tua saya. Oleh karna itu saya harus mencari solusi yang lain agar tetap bisa menjadi orang sukses namun dengan cara yang lain.

            Hal yang memotivasi saya untuk kuliah adalah keluarga saya terutama kedua orang tua saya. Menurutsaya seseorang dapat memutus rantai kondisi kehidupan keluarganya dengan bersekolah. Oleh karna itu saya berkeinginan untuk kuliah, tak lain dan tak bukan hanya untuk membuat orang tua saya bahagia dan bisa memberangkatkan mereka pergi haji karna itu merupakan impian utama saya serta membantu keluarga dan saudara saya yang mungkin masih ada yang jauh dari kecukupan.

          Sekarang saya duduk di kelas XII dan tentunya saya harus memikirkan harus kemana saya setelah lulus SMA. Pikiran saya mengenai harus kemana setelah kuliah pun akhirnya sedikit terjawab ketika UIB mendatangi sekolah saya dan mensosialisasikan mengenai beasiswa UIB. Di dalam benak saya timbul pertanyaan kenapa saya tidak mencoba saja mengikuti test tersebut selagi ada kesempatan yang bisa membuka jalan untuk menuju sebuah kesukses, meskipun ada perasaan ragu untuk bisa mendapatkan beasiswa tersebut karna saingan yang sangat banyak dan berat dari daerah lain. Namun, persaingan tersebut tidak menghalangi saya untuk mengikuti tes tersebut dan saya mengikuti beragam test mulai dari seleksi rapot hingga wawancara dengan membawa orang tua.

         Setelah Berbulan-bulan menunggu pengumuman penerima beasiswa tersebut akhirnya terjawab. Nama saya berada pada urutan 10 nama pertama pada daftar penerima beasiswa dan ternyata saya mendapatkan beasiswa unggulan. Saya sangat senang sekali dan segera  memberitahu keluarga saya bahwa saya mendapatkan beasiswa tersebut dan dengan mendapatkan beasiswa tersebut otomatis saya bisa meringankan beban kedua orang tua saya.

         Oleh karena itu jangan takut untuk mencoba dan jangan pernah menyia-nyiakan  kesempatan selagi ada dan ketika kesempatan itu telah di capai maka gunakanlah kesempatan itu sebaik-baiknya agar kesempatan itu dapat dirubah menjadi sebuah  esuksesan. 

Jumat, 26 Desember 2014

Proses Pembuatan Silinder Logam Dua

         Dalam pembuatan silinder logam kedua ini alat dan bahan seperti pembuatan silinder logam pertama yang telah saya pos sebelumnya. Pada Artikel ini saya akan menjelaskan proses pembuatan silinder logam kedua yang merupakan pasangan silinde logam pertama yang sebelumnya telah saya jelaskan. Berikut ini merupakan proses pembuatan silinder logam kedua.

        Jepit logam silinder menggunakan ragum, dan ukur dengan panjang 35mm menggunakan jangka sorong. Lalu tandai menggunakan spidol. Potong bagian yang telah di tandai menggunakan gergaji besi, usahakan pemotongan lurus dan potong hingga habis, jangan di patahkan menggunakan tangan atau benda lainnya.


                                            Gambar benda kerja ke-2 setelah dipotong

Sehabis itu, jepit benda kerja di pencekam mesin bubut menggunakan kunci chuck. Lalu atur kembali derajat eretan atas dari 4o menjadi 0o . Lakukan pengecekan kerataan pengencangan supaya benda kerja tidak oleng saat ingin di bubut.

Nyalakan mesin bubut, singgung benda kerja sedikit demi sedikit. Potong bagian diameter benda  dengan bubut lurus hingga benda kerja memiliki ukuran 20 mm.Setelah diameter benda berukuran 20 mm lanjutkan memotong bagian muka untuk mengecilkan panjang benda kerja. Potong secara perlahan hingga panjang benda mencapai 30 mm. Saat membubut bagian muka pastikan sisi kiri dan kanan terpotong karena untuk merapikan hasil pemotongan menggunakan gergaji.  
Gambar setelah di bubut rata dan lurus

             Setelah benda berukuran panjang 30 mm dan diameter 20 mm ukur panjang benda menjadi 3 bagian, 15mm, 5mm, dan 10mm kemudian tandai menggunakan spidol. Nyalakan mesin bubut, dan lakukan proses bubut lurus. Untuk panjang 15 mm memiliki diameter 10 mm,  untuk panjang  5 mm memiliki diameter 15 mm, dan 10 mm memiliki diameter 20 mm.  Bubut lah benda kerja dari ukuran diameter terkecil ke besar hal ini berguna agar bagian diameter terbesar yang di letakkan pada cekam dapat lebih efektif untuk menahan benda yang memilik diameter yang kecil dan berat yang ringan. Kemudian amplas benda kerja agar lebih halus.

         Untuk membuat ulir pada benda kerja kedua sama seperti proses penguliran benda kerja pertama namun alat yang digunakan berbeda apabila pada benda kerja pertama menggunakan tap di benda kerja kedua menggunakan snai yang merupakan alat pembuat ulir luar. 


Gambar Hasil benda kerja ke-2 setelah di bubut dan snai

Gambar 3D benda kerja ke-2

Rabu, 24 Desember 2014

Proses Pembuatan Logam Silinder 1

                   Mesin bubut merupakan sebuah mesin perkakas yang memiliki prinsip kerja benda kerja yang berputar dan di singgung menggunakan alat potong berupa pahat yang bergerak memanjang dan melintang. Biasanya benda kerja yang dihasilkan berbentuk silinder.                        Berbagai pekerjaan dapat dilakukan menggunakan mesin bubut, diantaranya membuat ulir, menghaluskan permukaan, membuat tirus, dan membentuk benda silindris.
                   Pada artikel ini saya akan membahas mengenai proses pembuatan logam silinder pertama. Berikut ini merupakan proses pembuatan logam silinder 1.
.
Alat dan Bahan:
1.   Logam Silinder / benda kerja, merupakan bahan utama pembuatan logam  silinder.
2.   Ragum berfungsi untuk memegang benda kerja saat di tap.
3.   Gergaji Besi, berfungsi untuk memotong logam silinder.
4.   Jangka Sorong mengukur panjang dan diameter benda kerja.
5.   Kacamata, berfungsi untuk melindungi mata dari geram-geram hasil  pemotongan 
6.   Amplas, berfungsi untuk menghaluskan benda kerja.
7.   Sarung tangan, berfungsi untuk melindungi tangan dari serpihan geram.
8.   Kuas, membersihkan geram-geram hasil pemotongan yang jatuh pada bagian  mesin.
9.   Kunci Chuck, berfungsi untuk mengunci benda kerja pad cekam/chuck.
10. Kunci pas-ring 8mm dan 10mm, berfungsi untuk mengunci tool post/ rumah  pahat.
11. Mesin bubut, berfungsi untuk melakukan proses pembubutan.
12. Pahat, berfungsi untuk memotong benda kerja. 
13. Mata bor diameter 10mm, berfungsi untuk membuat lubang pada benda  kerja.
14. Kunci Tap, berfungsi untuk membuat ulir dalam pada benda kerja.
15. Kunci Snai, berfungsi untuk membuat ulir luar pada benda kerja.
16.Plat besitipis, berfungsi untuk menyenterkan pahat pada benda kerja apabila  pahat kurang tinggi.
17. Pelumas, berfungsi untuk mempermudah proses pengetapan.
18. Spidol, berfungsi untuk menandai bagian benda kerja yang akan di potong.

3.1.1 Pembuatan Benda ke-1
Dalam melakukan proses pembuatan logam silinder hal yang pertama dilakukan adalah  memeriksa dan mersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan. Setelah semua alat dan bahan siap ukurlah  yang akan dijadikan sebagai benda kerja menggunakan jangka sorong dan tandai logam dengan panjang 95mm. Potong logam yang telah di tandai menggunaka gergaji besi


Gambar 3.1 benda kerja setelah dipotong
Pasang logam atau benda kerja yang telah dipotong pada chuck dengan bantuan kunci chuck dan di senterkan. Pastikan benda kerja telah terpasang kuat dan tidak miring saat mesin di operasikanPasang pahat yang di gunakan untuk memotong benda kerja pada rumah pahat dan kencangkan menggunakan kunci kombinasi serta cek apakah pahat sudah center terhadap pusat benda kerja. Jikapahat kurangsenter tambahkan plat-plat besi tipis pada alas pahat hingga pahat  senter terhadap pusat benda kerja. Pastikan pahat yang digunakan tajam, karena jika tumpul dapat membuat benda kerja tidak rapi. 
Nyalakan mesin bubut, kemudian tentukan titik nol atau pusat benda kerja dengan  menyinggungkan pahat dengan benda kerja hingga benda kerja tergores. Bubut bagian muka dengan bubut muka untuk memotong atau memendekkan panjang benda kerja hingga panjang benda kerja mencapai 90 mm. Bubut sedikit demi sedikit bagian benda kerja untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Gunakan kacamata dan sarung tangan agar terlindung dari geram-geram hasil pemotongan.
Setelah panjang   benda kerja 90 mm. Bubut bagian diameter benda kerja dengan menggunakan bubut lurus untuk mengecilkan diameter benda kerja. Bubut sedikit demi sedikit hingga, diameter  benda kerja mencapai 20 mm. Jika  benda kerja telah memliki panjang 90 mm dan diameter 20 mm matikan mesin bubut.


 
Gambar benda kerja setelah di bubut rata dan lurus

Proses selanjutnya adalah proses penirusan. Untuk melakukan pembubutan tirus hal yang pertama dilakukan adalah menghitung sudut yang akan di gunakan sesuai dengan panjang dan benda kerja yang telah selasai bi bubut. Untuk mengitung sudut yang akan digunakan untuk membuat tirus adalah:




Dimana:
D = diamater besar
d  = diameter kecil
p  = panjang tirus
Perhitungannya adalah sebagai berikut

Sehingga diperoleh sudut yang di gunakan untuk menirus adalah 4º. Setelah di sudut ditemukan atur eretan dengan sudut 4º. Ukurlah benda kerja sepanjang 35 mm dan tandai hal ini berguna untuk menunjukkan panjang tirus yang di buat. Tentukan titik nol benda kerja dan nyalakan mesin bubut.
Bubut benda kerja sedikit demi sedikit dengan menggunakan eretan atas karena eretan atas lebih teliti daripada eretan bawah sehingga hasilnya pun lebih rapi. Bubut hingga diameter benda mencapai 15 mm dan panjang tirus yang terbentuk mencapai 35mm.

Gambar benda kerja setelah di tirus

Setelah proses penirusan selesai, proses selanjutnya yang akan dilakukan adalah proses  pengeboran. Lubang hasil pengeboran merupakan lubang yang akan di buat ulir nantinya.
Langkah pertama yang harus di lakukan adalah mengganti senter dengan mata bor dan kencangkan agar pada saat mata bor bertabrakan dengan benda kerja mata bor tidak lepas. Buatlah tanda pada mata bor pada bagian depan dengan panjang 15mm yang merupakan panjang lubang yangakan di buat. Tentukan titik nol mata bor pada benda kerja. Nyalakan mesin bubuut dan bor benda kerja hingga batas mata bor yang telah di tandai.
Selanjutnya adalah proses penguliran. Letakkan benda kerja yang telah di bor pada ragum dengan bagian yang berlubang menghadap keatas. Berikan alat pada benda kerja menggunakan kain agar pada saat di kencangkan benda kerja tidak rusak. Kencangkan ragum hingga ragum benar-benar tidak bergerak. 
Letakkan Tap di dalam lubang hasil pengeboran dan putar Tap secara perlahan dengan memutar 270º searah jarum jam dan mundurkan 90º berlawanan arah jarum jam. Lakukan berulang-ulang hingga ulir samapai pada batas lubang. Di sela-sela pemutaran berikan oli untuk mempermudah pemutaran serta pastikan pada saat pengetapan tap berada dalam posisi yang rata karena apabia tidak rata akan mengakibatkan ulir yang dihasilkan tidak rata juga. Proses finishing menggunakan amplas agar benda lebih rapi dan halus.


Gambar benda kerja setelah di bor dan di tap

Gambar 3D benda kerja ke-1

Selasa, 11 November 2014

Agama dan Masyarakat

BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
            Manusia dilahirkan kedunia memiliki dua hubungan yaitu hubungan horizontal dan hubungan vertikal. Hubungan horizontal adalah hubungan antar sesama manusia, sedangkan hubungan vertikal merupakan hubungan manusia kepada sang Pencipta.

           Pada masa purbakala masyarakat masih tak memiliki kepercayaan kepada Tuhan atau disebut dengan. Mereka hanya percaya kepada sesuatu yang di anggap memberikan manfaat bagi mereka, atau hal yang asing bagi mereka contohnya seperti matahari, pohon, serta leluhur-lehur mereka. Kepercayaan mereka terhadap benda dan leluhur ini disebut dengan animisme dan dinamisme.
     
            Seiring berjalannya waktu pemikiran masyarakat semakin berkembang pula. Mereka mulai mempercayai keberadaan Tuhan dalam kehidupan mereka. Hal ini terlihat dari munculnya berbagai kepercayaan atau agama dalam masyarakat. Bagi mereka agama menjadi penuntun atau sebagai aturan bagi mereka mengenai baik benarnya sesuatu. Di Indonesia sendiri ada beberapa agama yaitu Islam yang merupakan agama yang paling banyak di anut, Hindu, Budha, Kong fu shu, dan kristen. Meskipun memiliki kepercayaan yang berbeda mereka dapat hidup berdampingan dengan baik.


BAB II
PEMBAHASAN

1. Fungsi Agama

A. Fungsi Agama dalam Masyarakat

Agama merupakan salah satu prinsip yang (harus) dimiliki oleh setiap manusia untuk mempercayai Tuhan dalam kehidupan mereka. Tidak hanya itu, secara individu agama bisa digunakan untuk menuntun kehidupan manusia dalam mengarungi kehidupannya sehari-hari. Namun, kalau dilihat dari secara kelompok atau masyarakat, bagaimana kita memahami agama tersebut dalam kehidupan masyarakat?.

Prof. Dr. H. Jalaluddin dalam bukunya Psikologi Agama membantu kita memahami beberapa fungsi agama dalam masyarakat, antara lain:
  1. Fungsi Edukatif (Pendidikan). Ajaran agama secara yuridis(hukum) berfungsi menyuruh/mengajak dan melarang yang harus dipatuhi agar pribagi penganutnya menjadi baik dan benar, dan terbiasa dengan yang baik dan yang benar menurut ajaran agama masing-masing.
  2. Fungsi Penyelamat. Dimanapun manusia berada, dia selalu menginginkan dirinya selamat. Keselamatan yang diberikan oleh agama meliputi kehidupan dunia dan akhirat. Charles Kimball dalam bukunya Kala Agama Menjadi Bencana melontarkan kritik tajam terhadap agama monoteisme (ajaran menganut Tuhan satu). Menurutnya, sekarang ini agama tidak lagi berhak bertanya: Apakah umat di luat agamaku diselamatkan atau tidak? Apalagi bertanya bagaimana mereka bisa diselamatkan? Teologi(agama) harus meninggalkan perspektif (pandangan) sempit tersebut. Teologi mesti terbuka bahwa Tuhan mempunyai rencana keselamatan umat manusia yang menyeluruh. Rencana itu tidak pernah terbuka dan mungkin agamaku tidak cukup menyelami secara sendirian. Bisa jadi agama-agama lain mempunyai pengertian dan sumbangan untuk menyelami rencana keselamatan Tuhan tersebut. Dari sinilah, dialog antar agama bisa dimulai dengan terbuka dan jujur serta setara.
  3. Fungsi Perdamaian. Melalui tuntunan agama seorang/sekelompok orang yang bersalah atau berdosa mencapai kedamaian batin dan perdamaian dengan diri sendiri, sesama, semesta dan Alloh. Tentu dia/mereka harus bertaubat dan mengubah cara hidup.
  4. Fungsi Kontrol Sosial. Ajaran agama membentuk penganutnya makin peka terhadap masalah-masalah sosial seperti, kemaksiatan, kemiskinan, keadilan, kesejahteraan dan kemanusiaan. Kepekaan ini juga mendorong untuk tidak bisa berdiam diri menyaksikan kebatilan yang merasuki sistem kehidupan yang ada.
  5. Fungsi Pemupuk Rasa Solidaritas. Bila fungsi ini dibangun secara serius dan tulus, maka persaudaraan yang kokoh akan berdiri tegak menjadi pilar "Civil Society" (kehidupan masyarakat) yang memukau.
  6. Fungsi Pembaharuan. Ajaran agama dapat mengubah kehidupan pribadi seseorang atau kelompok menjadi kehidupan baru. Dengan fungsi ini seharusnya agama terus-menerus menjadi agen perubahan basis-basis nilai dan moral bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  7. Fungsi Kreatif. Fungsi ini menopang dan mendorong fungsi pembaharuan untuk mengajak umat beragama bekerja produktif dan inovatif bukan hanya bagi diri sendiri tetapi juga bagi orang lain.
  8. Fungsi Sublimatif (bersifat perubahan emosi). Ajaran agama mensucikan segala usaha manusia, bukan saja yang bersifat agamawi, melainkan juga bersifat duniawi. Usaha manusia selama tidak bertentangan dengan norma-norma agama, bila dilakukan atas niat yang tulus, karena untuk Alloh, itu adalah ibadah.

B. Dimensi Komitmen agama
Perkembangan iptek mempunyai konsekuensi penting bagi agama.Sekulerisai cenderung mempersempit ruang gerak kepercayaan dan pengalaman keagamaan. Kebanyakan agama yang menerima nilai- nilai institusional baru adalah agama – agama aliran semua aspek kehidupan.
Dimensi komitmen agama menurut Roland Robertson:
1. dimensi keyakinan mengandung perkiraan/harapan bahwa orang yang religius akan menganut pandangan teologis tertentu.
2. Praktek agama mencakup perbuatan-perbuatan berbakti, yaitu perbuatan untuk melaksanakan komitmen agama secara nyata.
3. Dimensi pengerahuan, dikaitkan dengan perkiraan.
4. Dimensi pengalaman memperhitungkan fakta, semua agama mempunyai perkiraan tertentu.
5. Dimensi konsekuensi dari komitmen religius berbeda dengan tingkah laku perseorangan.

2. Pelembagaan Agama

A. 3 Tipe Kaitan Agama dengan Masyarakat

Menurut Elizabeth K.Nottingham Agama memiliki tiga (3) tipe hubungan dengan masyarakat diantaranya sebagai berikut:
• Masyarakat Pedalaman
Di dalam kehidupan masyarakat pedalaman agama masih berdasarkan kepercayaan sehingga mereka mengadakan berbagai upacara ritual karena mereka percaya dengan begitu mereka sudah memiliki agama.
• Masyarakat Semi Industri
Di dalam masyarakat semi industri sudah lebih maju dari masyarakat pedalaman sehingga di masyarakat semi indutri sudah memegang agama sebagai kepecayaan dan sebagai pedoman dalam melakukan segala hal seperti berdagang
• Masyarakat Industri Sekunder (Modern)
Di dalam masyarakat industri sekunder sudah banyak muncul teknologi canggih sehingga lebih mudah menolong kegiatan manusia, namun karena sudah banyak teknologi maka agama menjadi di “no duakan” sehingga kurangnya kepercayaan terhadap agama.

B. Pelembagaan Agama
Kelembagaan ibarat organ-organ dalam tubuh manusia yang hidup dalam masyarakat. Kata kelembagaan(Koentjaraningrat, 1997)  menunjuk kepada sesuatu yang bersifat mantap (established) yang hidup (constitued) di dalam masyarakat. Suatu kelembagaan adalah suatu pemantapan perilaku (ways) yang hidup pada suatu kelompok orang. Ia merupakan sesuatu yang stabil, mantap, dan berpola; berfungsi untuk tujuan-tujuan tertentu dalam masyarakat; ditemukan dalam sistem sosial tradisional dan modern, atau bisa berbentuk tradisional dan modern; dan berfungsi untuk mengefisienkan kehidupan sosial.

Tiap kelembagaan memiliki tujuan tertentu, dan orang-orang yang terlibat di dalamnya memiliki pola perilaku tertentu serta nilai-nilai dan norma yang sudah disepakati yang sifatnya khas. Kelembagaan adalah kelompok-kelompok sosial yang menjalankan masyarakat. Tiap kelembagaan dibangun untuk satu fungsi tertentu. Karena itu kita mengenal kelembagaan pendidikan, kelembagaan-kelembagaan di bidang ekonomi, agama, dan lain-lain. Dunia selalu berisi kelembagaan-kelembagaan, dan semua manusia pasti masuk dalam satu atau lebih kelembagaan.

Lembaga Keagamaan adalah organisasi yang dibentuk oleh umat beragama dengan maksud untuk memajukan kepentingan keagamaan umat yang bersangkutan di dalam kehidupan masyarakat, berbangsa, dan bernegara. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas hidup keagamaan masing-masing umat beragama.

3. Agama, Konflik, dan Masyarakat
Contoh Konflik yang Ada dalam Agama dan Masyarakat
a.  Tahun 1996, 5 gereja dibakar oleh 10,000 massa di Situbondo karena adanya konflik yang disebabkan oleh kesalahpahaman.

b.   Adanya bentrok di kampus Sekolah Tinggi Theologi Injil Arastamar (SETIA) dengan masyarakatsetempat hanya karena kesalahpahaman akibat kecurigaan masyarakat setempat terhadap salah seorang mahasiswa SETIA yang dituduh mencuri, dan ketika telah diusut Polisi tidak ditemukan bukti apapun. Ditambah lagi adanya preman provokator yang melempari masjid dan masuk ke asrama putri kampus tersebut. Dan bisa ditebak, akhirnya meluas ke arah agama, ujung-ujungnya pemaksaan penutupan kampus tersebut oleh masyarakat sekitar secara anarkis.

c.   Perbedaan pendapat antar kelompok- kelompok Islam seperti FPI (Front Pembela Islam) dan Muhammadiyah.

d.   Perbedaan penetapan tanggal hari Idul Fitri, karena perbedaan cara pandang masing – masing umat.

e.   Juli-Agustus 2014 terjadi peperangan besar antara Israel dan Palestina yang disebabkan keinginan Israel untuk menguasai wilayah palestina.  Akibat peristiwa tersebut ribuan orang meninggal dunia dan Palestina menderita kerugian yang sangat-sangat besar.


BAB III

PENUTUP
Kesimpulan
1. Agama merupakan salah satu prinsip yang (harus) dimiliki oleh setiap manusia untuk mempercayai Tuhan dalam kehidupan mereka.
2. Agama memiliki beberapa fungsi yaitu fungsi edukatif, penyelamat, perdamaian, kontrol sosial, solidaritas, kreatif, dan pembaharuan.
3. Agama memiliki beberapa dimensi yaitu dimensi keyakinan, praktek agama, pengeharuan, pengalaman, dan konsekuensi.
4. Agama memiliki tipe hubungan dengan masyarakat yaitu Masyarakat pedalaman, semi industri, dan modern.

Daftar Isi

https://abiand.wordpress.com/tugas/9-agama-dan-masyarakat/
https://ciptadestiara.wordpress.com/category/dimensi-komitmen-agama/
http://aji-pangestu.blogspot.com/2011/01/agama-dan-masyarakat.html
http://rezaarea.blogspot.com/2013/01/agama-dan-masyarakat.html
http://adeakrawijaya.blogspot.com/2011/10/kelembagaan-agama-kepercayaan.html